PERBEDAAN RATA-RATA HASIL PEMERIKSAAN LAJU ENDAP DARAH (LED) TERHADAP PEMAKAIAN ANTIKOAGULAN NATRIUM CITRAT DAN EDTA PADA SAMPEL DARAH MAHASISWA BORNEO LESTARI NOVEMBER 2011

NOOR AFIFAH KHAILINSYA, NAKH and Zainal Arifin, ZA and Nida Humaida, NH (2011) PERBEDAAN RATA-RATA HASIL PEMERIKSAAN LAJU ENDAP DARAH (LED) TERHADAP PEMAKAIAN ANTIKOAGULAN NATRIUM CITRAT DAN EDTA PADA SAMPEL DARAH MAHASISWA BORNEO LESTARI NOVEMBER 2011. KTI thesis, AAK Borneo Lestari.

[img] Text
abstrak.docx

Download (9kB)

Abstract

NOOR AFIFAH KHAILINSYA NIM. AK109014 PENUTUP A. Kesimpulan Dari hasil penelitian di Laboratorium Analis Kesehatan Borneo Lestari pada tanggal 23-25 November 2011 dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Nilai rata-rata hasil pemeriksaan LED metode Westergren pada kelompok laki-laki dengan antikoagulan Natrium citrate 3,8% pada jam ke-1 dengan sampel darah mahasiswa Borneo Lestari adalah 5,69 mm/jam dan jam ke-2 adalah 9,56 mm/jam. Sedangkan Nilai rata-rata hasil pemeriksaan LED metode Westergren pada kelompok perempuan dengan antikoagulan Natrium citrat pada jam ke-1 dengan sampel darah mahasiswa Borneo Lestari adalah 11,38 mm/jam dan jam ke-2 adalah 18,06 mm/jam. 2. Nilai rata-rata hasil pemeriksaan LED metode Westergren pada kelompok laki-laki dengan antikoagulan EDTA pada jam ke-1 dengan sampel darah mahasiswa Borneo Lestari adalah 4,44 mm/jam dan pada jam ke-2 adalah 7,75 mm/jam. Sedangkan Nilai rata-rata hasil pemeriksaan LED metode Westergren pada kelompok perempuan dengan antikoagulan EDTA pada jam ke-1 dengan sampel darah mahasiswa Borneo Lestari adalah 8,94 mm/jam dan jam ke-2 adalah 14,75 mm/jam . 3. menyatakan adanya perbedaan yang signifikan rata-rata nilai LED metode Westergren dengan terhadap antikoagulan Natrium citrat dan EDTA pada sampel darah mahasiswa Borneo Lestari dengan tingkat kepercayaan 95%. B. Saran Dengan adanya perbedaan secara statistik rata-rata hasil pemeriksaan LED metode Westergren pemakaian antikoagulan Natrium citrat dengan antikoagulan EDTA pada sampel darah mahasiswa Borneo Lestari maka penulis menyarankan: 1. Standar metode westergren setelah dimodifikasi lebih bagus menggunakan EDTA karena secara klinis tidak ada perbedaan. 2. Bagi penelitian selanjutnya penulis menyarankan untuk: a. Melanjutkan penelitian ini dengan menggunakan darah normal dengan antikoagulan Natrium citrat dan EDTA..

Item Type: Thesis (KTI)
Subjects: R Medis > D3 TLM, AAK Borneo Lestari
Divisions: AAK Borneo Lestari > D3 Teknologi Laboratorium Medik
Depositing User: Edy E Perpus
Date Deposited: 12 Oct 2018 01:33
Last Modified: 12 Oct 2018 01:33
URI: http://repo.stikesborneolestari.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item