UJI SKRINING FITOKIMIA PADA EKSTRAK N-HEKSAN, KLOROFORM DAN ETANOL DARI DAUN TANAMAN SAPAT (Mitragyna Speciosa) ASAL BARABAI KALIMANTAN SELATAN

Muhammad Abdi Rinaldi, MAR and Lisa Andina (1123038303), LA and Eka Fitri Susiani (1114058801), EFS (2017) UJI SKRINING FITOKIMIA PADA EKSTRAK N-HEKSAN, KLOROFORM DAN ETANOL DARI DAUN TANAMAN SAPAT (Mitragyna Speciosa) ASAL BARABAI KALIMANTAN SELATAN. KTI thesis, STIKES BORNEO LESTARI.

[img] Text
rinaldi.docx

Download (130kB)

Abstract

ABSTRAK Tanaman sapat atau kratom (Mitragyna speciosa) merupakan salah satu tumbuhan berkhasiat yang banyak tumbuh di daerah Barabai, Kalimantan Selatan. Masyarakat menggunakan daunnya sebagai obat luka, diabetes dan hipertensi. Pada penelitian ini peneliti membandingkan kandungan senyawa kimia dari tiga pelarut (n-heksan, kloroform dan etanol) yang berbeda, meliputi senyawa golongan alkaloid, flavonoid, steroid, terpenoid, tannin, dan saponin. Adapun tujuan dari peneliti adalah mengetahui golongan senyawa apa saja yang terkandung dalam ekstrak etanol 96%, n-heksan dan kloroform daun tanaman sapat. Serbuk daun tanaman sapat diekstraksi secara maserasi dengan etanol 96%, n-heksan dan kloroform, dengan perbandingan 1:5 kemudian didiamkan selama 24 jam setelah itu disaring. Lalu maserat yang didapat kemudian ditampung. Kemudian dilakukan remaserasi menggunakan masing-masing pelarut dengan perbandingan 1:5 dan didiamkan kembali selama 24 jam. Pada penelitian ini didapat ekstrak etanol, n-heksan dan kloroform sebanyak 19,34 gr, 1,5 gr, dan 2,34 gr, dan rendemen ekstrak etanol, n-heksan dan kloroform sebesar 19,34 %, 1,5 %, dan 2,34 % . Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ekstrak etanol 96% daun tanaman sapat positif mengandung golongan senyawa alkaloid, flavonoid, dan tanin. Sedangkan ekstrak n-heksan dan kloroform menunjukkan hasil positif mengandung golongan senyawa steroid dan terpenoid. Kata Kunci : Daun tanaman sapat, Mitragyna speciosa, skrining fitokimia, ekstrak etanol 96%, ekstrak n-heksan, ekstrak kloroform.

Item Type: Thesis (KTI)
Subjects: R Medis > D3 Farmasi, STIKES Borneo Lestari
Divisions: STIKES Borneo Lestari > D3 Farmasi
Depositing User: Edy E Perpus
Date Deposited: 10 Aug 2018 05:47
Last Modified: 20 Jul 2019 01:34
URI: http://repo.stikesborneolestari.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item